Kamis, 1 September 2022 – 23:17 WIB

VIVA Nasional – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) punya peran penting sebagai leading sector dalam penanggulangan terorisme. Kinerja BNPT mesti bisa memberdayakan seluruh potensi negara demi mencegah dan menanggulangi terorisme di Tanah Air.

Demikian disampaikan pengamat kebijakan dari Indonesia Bureacracy and Service Watch (IBSW), Nova Andika. Menurut dia, penting menangkal paham radikalisme yang masih berpotensi terjadi.

“Langkah BNPT selaku leading sector penanggulangan terorisme di Tanah Air yang melibatkan seluruh elemen anak bangsa dalam proses pencegahan kita dukung,” kata Nova Andika, dalam keterangannya yang dikutip pada Kamis, 1 September 2022.

Dia memahami keinginan BNPT untuk merealisasikan program di tahun 2023 yang salah satunya usulan memaksimalkan anggaran pinjaman luar negeri (PLN). Ia menilai dalam beberapa tahun terakhir ini, aksi kelompok terorisme mengalami penurunan signifikan.

“Dalam beberapa tahun terakhir, angka aksi teror yang dilakukan kelompok terorisme di Indonesia menurun signifikan. Itu terjadi karena program pencegahan BNPT berhasil melibatkan dan memberdayakan seluruh potensi kekuatan bangsa,” jelas Andika.

Kepala BNPT Komjen Pol. Boy Rafli Amar menyerahkan bendera merah putih ke napiter.

Kepala BNPT Komjen Pol. Boy Rafli Amar menyerahkan bendera merah putih ke napiter.

Pun, dia setuju dengan Kepala BNPT, Boy Rafli Amar terkait perlunya Pengembangan Pusat Analisis dan Pengendalian Krisis. Bagi Nova, dengan ikhtiar tersebut bisa memperkuat pencegahan ancaman radikalisme.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.