Jumat, 23 September 2022 – 21:30 WIB

VIVA Otomotif  – Starter merupakan rangkaian mekatronika yang berfungsi untuk menghidupkan mesin sepeda motor. Maka dari itu, komponen tersebut perlu dirawat untuk mempermudah ketika ingin menghidupkan motor.

Biasanya, alat ini disematkan pada motor jenis matic. Untuk menghidupkannya pengguna motor tersebut hanya cukup menarik tuas rem. Namun, sering terjadi saat tombol starter ditekan, mesin malah tidak bisa menyala sama sekali.

Supaya terhindar dari masalah tersebut, sebaiknya perhatikan dan rawat dengan baik electric starter pemilik motor. Lantas, bagaimana caranya? dirangkum VIVA dari WahanaHonda, Jumat 23 September 2022, ada cara mudah merawat komponen ini, bahkan cukup di rumah saja.

Hidupkan motor dengan kick starter.

Hidupkan motor dengan kick starter.

Cara pertama adalah sering bersihkan kerak pada tombol starter. Bersihkan bagian tersebut dengan melepas soket yang biasanya berwarna merah yang mengarah pada tombol starter. Lalu bersihkan dengan menggunakan cairan penetran.

Untuk caranya, buka terlebih dahulu dudukan tombol starter dengan menggunakan obeng plus, lalu gunakan ampelas halus untuk menggosok bagian konektornya. Selain itu, dengan cara menyemprotkan cairan penetran pada konektor rangkaian komponen tersebut.

Cara selanjutnya adalah mengecek jumper kabel. Jika mesin tidak mau menyala saat menggunakan electric starter cobalah untuk mengecek kondisi switch tersebut dengan cara menjumper dengan menggunakan kabel.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.