Jumat, 16 September 2022 – 21:12 WIB

VIVA Otomotif – Kaca spion pada mobil merupakan cermin yang berfungsi untuk melihat keadaan lalu lintas di belakang mobil atau saat memundurkan kendaraan. Maka dari itu, penting untuk melihat kaca spion setiap lima sampai delapan detik ketika berkendara.

Diketahui, alat tersebut dibuat menggunakan cermin cembung supaya bisa menangkap atau memantulkan objek yang masih jauh dengan jelas. Hal itu dikarenakan agar objek bisa terlihat lebih jelas, maka pengendara mobil bisa lebih leluasa melihat kondisi sekitar lewat spion.

Adapun beragam kegunaan dari kaca spion dalam mobil. Lantas, apa saja? Dirangkum VIVA dari Auto2000, Jum’at 16 September 2022, kaca spion sangat membantu berkendara dalam meminimalisir risiko kecelakaan. Sebab, keberadaannya membuat pengendara lebih berhati-hati saat mengendarai mobil.

Kaca spion tengah.

Untuk kegunaan pertama yakni dapat mencegah terjadinya tabrakan saat pindah jalur. Saat ingin berpindah jalur, terutama di jalan tol, Anda wajib melihat spion terlebih dahulu untuk melihat kondisi lalu lintas di area belakang. 

Jika jalanan sedang sepi, maka bisa lebih leluasa untuk berpindah jalur. Sebaliknya, apabila kondisi jalanan lumayan padat, bisa menentukan waktu yang tepat untuk berpindah jalur. Di sini, spion berperan dalam meminimalisir dan mencegah terjadinya tabrakan akibat berpindah jalur sembarangan.

Selain itu, kegunaan alat ini dapat membantu Anda saat ingin parkir. Apabila ada pengendara yang mengalami tabrakan atau tersenggol ketika hendak parkir, biasanya hal ini terjadi karena pengendara tidak memanfaatkan spion dengan benar saat akan parkir.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.