Jumat, 16 September 2022 – 13:32 WIB

VIVA Dunia – Delegasi pemerintah China dicoret dan tak boleh hadir di Westminster Hall, London, Inggris tempat persemayaman Ratu Elizabeth II setelah diserahkan kepada negara sebelum dimakamkan awal pekan depan. Dilaporkan Politico, Ketua Parlemen Sir Lindsay Hoyle menolak delegasi China masuk ke Westminster Hall lantaran China menjatuhkan sanksi kepada 5 anggota Parlemen Inggris dan 2 delegasi mereka.

Diketahui selama 4 hari jenazah Ratu Elizabeth II dibaringkan di Westminster Hall setelah diserahkan Kerajaan Inggris kepada negara untuk kemudian akan dimakamkan secara kenegaraan. Pada periode ini berbagai delegasi termasuk warga boleh melayat dengan tata tertib dan antrean sesuai waktu yang ditentukan sebagaimana diberitakan BBC.com.

Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II.

Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II.

Memang diketahui pada tahun lalu China juga menerapkan larangan perjalanan dan pembekuan aset terhadap 9 orang Inggris termasuk 7 di antaranya adalah anggota Parlemen karena mereka menuduh Beijing menindas Muslim Uighur.

Oleh karena itu beberapa waktu terakhir Dubes China memang masuk daftar larangan Parlemen Inggris dan hal itu kemudian berkelanjutan pada larangan delegasi China datang ke Westminster Hall untuk memberi penghormatan.

Namun demikian Wakil Presiden China disebut akan hadir pada Senin pekan depan pada waktu pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II.

Sementara itu diketahui undangan untuk pemakaman resmi Ratu Inggris Elizabeth II pada Senin, 19 September 2022 disebar ke para pemimpin dunia. Namun disebutkan undangan ke pemakaman kehormatan bagi Ratu Elizabeth II tak dikirim ke sejumlah pemimpin dunia seperti Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Rusia, Presiden Venezuela dan pemimpin Taliban Afghanistan.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.