Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Anggota DPR RI Fraksi PPP, Muhammad Iqbal, bicara soal sikap dalam menyampaikan pendapat kritis di media sosial pada era sekarang ini.

“Penyimpangan di media sosial perlu kami tanggapi dengan kritis, karena dapat mempengaruhi jalannya demokrasi kita,” kata dia dalam Diskusi publik yang diadakan oleh Kemenkominfo RI bersama Komisi I DPR RI dengan tema “Peran Media Sosial Dalam Merawat Demokrasi Digital”, Jumat (16/9/2022).

Maka itulah, Wakil Ketua Komisi V DPR RI itu mengajak semua pihak untuk menjadi generasi bijak yang mampu mencari sebanyak-banyaknya dampak positif dari perkembangan teknologi.

“Ini untuk keberlangsungan proses demokrasi kita,” tandas dia.

Sementara itu, pegiat literasi Gun Gun Siswadi mengatakan perilaku masyarakat di dunia maya sangat berpengaruh ke dunia nyata.

Oleh karena itu, Siswadi menilai perlu sikap kritis dengan meningkatkan literasi digital.

“Kita perlu menjadi produsen media sosial, bukan hanya konsumen saja. Kita perlu bijak dalam mengakses media sosial, menganalisisnya dan mengevaluasinya sehingga dari sana kita dapat menciptakan hal baru di era digital,” ujar Siswadi.

Menurutnya, perilaku warganet di dunia maya sangat berpengaruh ke dunia nyata.

“Karenanya, kita perlu bersikap kritis dengan meningkatkan literasi digital. Hal penting lainnya juga disampaikan bahwa kita perlu menjadi produsen media sosial, bukan hanya konsumen saja,” kata dia.

“Kita perlu bijak dalam mengakses media sosial, menganalisisnya dan mengevaluasinya. sehingga dari sana kita dapat menciptakan hal baru di era digital,” kata Siswadi.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.