Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fersianus Waku

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – TNI Angkatan Laut (AL) menggelar tanam sorgum secara serentak di 77 lokasi di Indonesia untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan.

“Hari ini kita menanam secara serempak di satuan TNI angkatan laut seluruh Indonesia sebanyak 77 titik,” kata Wakil Kepala Staf Angktan Laut (Wakasal) Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono seusai acara Gerakan Penanaman Sorgum Nasional 2022 di Cariu, Jawa Barat, Jumat (9/9/2022).

Ahmadi Heri Purwono mengatakan pihaknya sengaja memilih sorgum sebagai pengganti gandum lantaran disebut mampu menahan air.

Selain itu, ia menerangkan sorgum juga dianggap memiliki kadar gula yang cukup rendah serta tak banyak mengandung kolesterol.

Baca juga: Pimpinan Komisi I DPR Bicara Soal Peluang Perpanjangan Masa Jabatan Panglima TNI Andika Perkasa

“Sorgum ini merupakan tanaman sehat, artinya produknya adalah produk gula rendah dan juga tidak banyak mengandung kolesterol,” ujarnya.

Heri berharap sorgum bisa menjadi makanan alternatif bagi masyarakat selain padi dan sejenisnya.

“Harapan saya adalah bisa terealisasikan kepada masyarakat sehingga masyarakat punya alternatif lain untuk mengkonsumsi,” ucapnya.

Sementara, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi menuturkan kegiatan tersebut digelar agar ekonomi Indonesia tumbuh dengan inflasi yang kecil.

“Maksud dan tujuan tentu saja menjawab tantangan ke depan bahwa tidak mudah kita terus mengembangkan pertanian kita agar ekonomi bangsa kita tumbuh dengan inflasi yang kecil,” ungkap dia.

Harvick berharap kerja sama antara Kementerian Pertanian dan TNI AL itu bisa menjadi pilot project bagi instansi atau lembaga pemerintahan lainnya.

“Insya Allah mudah-mudahan dari kegiatan hari ini dapat membawa hasil menjadi pilot project tentunya di semua lembaga, kementerian juga instansi yang lain,” imbuhnya.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.