TRIBUNEWS.COM – Dalam rangka memajukan kebudayaan daerah Kabupaten Cilacap, Pemerintah Kabupaten Cilacap bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap menyelenggarakan kegiatan Jelajah Budaya dan Pameran Kebudayaan.

Acara ini diselenggarakan selama dua hari yaitu Sabtu (6/8/2022) dan Minggu (7/8/2022) dengan lokasi di beberapa titik.

Seperti di Benteng Pendem Cilacap, Pendopo Kabupaten Cilacap, Kantor Dinporapar, Benteng Pendem dan Kerkhof.

Dalam penyelenggaraannya, kegiatan ini turut melibatkan sejumlah masyarakat, komunitas dan Prodi D4 Senjata Tradisional Keris ISI Surakarta.

Fokus utama dalam rangkaian kegiatan ini adalah pameran, sarasehan, dan workshop tempa dengan judul Tosan Aji. 

Peserta dari kegiatan ini mencakup dari berbagai lini yaitu pelajar SMP-SMA dan SMK, Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia (MLKI), Pamong Budaya, pengamat sejarah dan masyarakat umum.

Serta komunitas budaya, terutama para pecinta Tosan Aji.

Baca juga: Penanaman Budaya Hidup Sehat Harus Masif untuk Wujudkan Generasi yang Tangguh

Masyarakat tidak hanya disuguhi pameran Tosan Aji dan jelajah budaya saja, namun mereka juga mendapatkan ilmu pengetahuan tentang kepurbakalaan.

Mereka juga dapat mengikuti workshop tempa dari dosen dan mahasiswa prodi Senjata Tradisional Keris ISI Surakarta.

Dosen dari ISI Surakarta, Kuntadi Wasi Darmojo menjadi salah satu pengisi materi sarasehan bersama dengan perwakilan dari MLKI yakni Handoko.

Sarasehan dalam rangka memajukan kebudayaan daerah Kabupaten Cilacap, Pemerintah Kabupaten Cilacap bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap menyelenggarakan kegiatan Jelajah Budaya dan Pameran Kebudayaan.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.