TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berduka cita atas wafatnya Ratu Elizabeth II. Joe Biden memuji sosok Ratu Elizabeth II yang dianggapnya memiliki kemampuan memimpin lebih dari seorang raja.

“Yang Mulia Ratu Elizabeth II lebih dari seorang raja. Dia mendefinisikan sebuah era,” kata Presiden Biden seperti dikutip dari CNN, Jumat (9/9/2022).

Joe Biden menuturkan, saat ini, orang-orang di seluruh Amerika Serikat dan orang-orang Inggris dan Persemakmuran dirundung oleh rasa duka.

Baca juga: Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Masyarakat Inggris Menangis di Luar Istana Buckingham

Meskipun, Ratu Elizabeth II telah meninggal dunia, namun menurut Joe Biden kontribusi besar sang ratu akan menjadi warisan yang tak terlupakan bagi sejarah Inggris dan dunia.

“Ratu Elizabeth II adalah seorang wanita negarawan dengan martabat dan keteguhan yang tak tertandingi yang memperdalam Aliansi dasar antara Inggris dan Amerika Serikat. Dia membantu membuat hubungan kami menjadi istimewa,” kata Joe Biden.

“Kami merasa terhormat bahwa dia memberikan keramahannya kepada kami pada Juni 2021 selama perjalanan luar negeri pertama kami sebagai Presiden dan Ibu Negara, di mana dia memikat kami dengan kecerdasannya, menggerakkan kami dengan kebaikannya, dan dengan murah hati membagikan kebijaksanaannya kepada kami,” tambah Joe Biden.

Sebelumnya diberitakan, Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat.

Ratu Elizabeth II meninggal dalam usia 96 tahun.

Baca juga: Ratu Elizabeth II Meninggal, Pangeran Charles Naik Takhta Jadi Raja Inggris

Ratu Elizabeth II, merupakan ratu Inggris terlama yang memerintah yakni selama tujuh dekade.

Elizabeth naik takhta pada tahun 1952, setelah kematian ayahnya, Raja George VI.

Dia meninggal di Kastil Balmoral setelah tim dokter kerajaan mengatakan mengkhawatirkan akan kesehatan sang ratu.

Elizabeth memerintah Inggris Raya dan 14 wilayah Persemakmuran lainnya, dan menjadi salah satu wanita paling terkenal yang ada di dunia.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.