Jumat, 23 September 2022 – 16:05 WIB

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo, menerbitkan Peraturan Presiden atau Perpres nomor 117 tahun 2022 tentang Kementerian Pertanian. Dalam Perpres tersebut Jokowi mengatur mengenai posisi Wakil Menteri untuk membantu Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Perpres tersebut ditandatangani oleh Presiden Jokowi pada tanggal 21 September 2022. Dalam Perpres itu diatur mengenai posisi, tugas dan tanggung jawab mengenai Menteri Pertanian dan juga Wakil Menteri Pertanian.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Dalam salinan Perpres yang diunggah dalam situs jdih.setneg.go.id pengaturan mengenai posisi Wakil Menteri tercantum dalam pasal 2. Dimana dalam menjalankan jabatannya, seorang Menteri Pertanian dapat dinantu oleh Wakil Menteri Pertanian.

“Dalam memimpin Kementerian Pertanian, Menteri dapat dibantu oleh Wakil Menteri sesuai dengan penunjukan Presiden,” bunyi ayat 1 pasal 2 Perpres tersebut sebagaimana dilihat Viva, Jumat 23 September 2022

Pada ayat dua pasal dua tersebut, dijelaskan bahwa Wakil Menteri diangkat dan diberhentikan oleh Presiden. Pasal 2 ayat 3, mengatur mengenai posisi wakil menteri yang berada di bawah Menteri Pertanian dan bertanggung jawab kepada Menteri Pertanian

“Wakil Menteri mempunyai tugas membantu Menteri dalam memimpin pelaksanaan tugas Kementerian
Pertanian,” bunyi ayat keempat Pasal 2 Perpres tersebut.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.