Jumat, 16 September 2022 – 20:42 WIB

VIVA Nasional – Sebuah kebakaran hebat melanda pabrik kertas dan styrofoam di Jalan Raya Pandang Landung, Wagir Kabupaten Malang. Kebakaran terjadi sejak pukul 14.00 WIB, hingga pukul 20.00 WIB api masih menyala di dalam gudang bagian belakang, pada Jumat, 16 September 2022.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Satpol-PP Kabupaten Malang, Goly Karyanto mengatakan, untuk memadamkan api mereka meminta bantuan kepada PMK Kota Malang dan PMK Kabupaten Malang. Belasan armada diterjunkan untuk memadamkan api yang menyala sejak siang.

“Yang terbakar pabrik kertas jadi ini bahan yang mudah terbakar. Air tidak boleh putus harus kontinyu (berkelanjutan) kalau air putus akan muncul sumber api,” kata Goly.

Goly mengungkapkan, ada 2 kemungkinan penyebab kebakaran di pabrik kertas dan styrofoam. Pertama karena kandungan pelarut yang mudah terbakar seperti solvent dan tinner dan kedua karena korsleting listrik. Lalu bahan-bahan yang ada di dalam pabrik dan gudang merupakan benda mudah terbakar.

“Penyebabnya ada 2 kemungkinan, di sana ada solvent atau tinner ini mudah terbakar mengandung listrik statis, dan kemunginan konsleting. Karena gudang kertas tidak boleh mepet tembok harus sela 1 meter jadi kalau ada kebakaran masih ada stan bagi petugas untuk segera mengatasi,” ujar Goly.

Goly menuturkan, bahwa pada 2 tahun silam saat PMK inpeksi di pabrik ini sudah menyarankan untuk membangun hydrant. Tetapi hingga saat ini belum dipasang karena harga biaya pemasangan instalansi cukup mahal, mulai Rp500 juta hingga miliaran rupiah. Tergantung luasan pabrik dan besaran tangki air.

“Belum ada laporan korban mudah-mudahan tidak ada korban. Ini pertama kali kebakaran di gudang ini. Tapi 2 tahun lalu sudah saya inpeksi dan saya sarankan untuk pasang hydrant, kalau kendala pemadaman karena sumber air jauh,” tutur Goly.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.