Jumat, 9 September 2022 – 08:49 WIB

VIVA Bisnis – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia, tengah disiapkan untuk mampu masuk ke bisnis pasar modern. Salah satu persiapannya, dengan menaikkan kelas UMKM menjadi retail modern terlebih dahulu.

Hal ini karena, retail modern merupakan batu loncatan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mengembangkan bisnisnya.

Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Kementerian Perdagangan, Miftah Farid mengatakan jumlah UMKM di Indonesia mencapai 62 juta, yang mana diharapkan mampu bertransisi untuk menjadikan UMKM go global.

Baca juga: Ratu Elizabeth II Meninggal, Ini Agenda Duka Inggris 10 Hari ke Depan

“Tentunya kita harap mampu menjadi retail modern, terlebih lagi Kemendag sudah menjalin kerja sama dengan retail luar negeri, seperti Lulu Mart di Dubai dan sebuah retail di Korea,” katanya melalui siaran pers di Tangerang, Jumat, 9 September 2022.

Lanjutnya, para pelaku UMKM diminta agar lebih peka dan proaktif untuk memanfaatkan peluang.

“UMKM harus proaktif, karena melibatkan 98 sampai 99 persen, dari total tenaga kerja di Indonesia yang tentu saja membuat sepak terjang UMKM akan mempengaruhi stabilitas sosial, ekonomi, politik serta budaya,” ujarnya.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.