Sabtu, 24 September 2022 – 10:33 WIB

VIVA Otomotif – Pelat nomor merupakan salah satu bagian untuk identifikasi kendaraan bermotor. Diberitakan sebelumnya, saat ini di Indonesia pelat nomor kendaraan diubah warna dasarnya dari hitam menjadi putih.

Langkah ini diterapkan untuk mendukung Korlantas Polri, untuk membantu program tilang elektronik atau disebut Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Program tersebut telah diterapkan sejak tahun lalu. Akan tetapi, teknologi itu terkendala dalam mengidentifikasi pelat nomor hitam.

Diketahui pelat putih untuk kendaraan bermotor roda dua maupun empat mulai distribusikan secara bertahap. Salah satu wilayah yang mulai menerapkan adalah Lampung pada bulan ini.

Purwarupa pelat nomor kendaraan model baru

Purwarupa pelat nomor kendaraan model baru

Photo :

  • Instagram @polantasindonesia

Wakil Direktur Lalu Lintas (Wadir Lantas) Polda Lampung, AKBP Muhammad Ali mengatakan pihaknya secara resmi mengumumkan pelat putih mulai berlaku di wilayahnya. Hal itu diresmikan secara bersamaan dalam momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Lalu Lintas Bhayangkara.

“Iya, benar Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau pelat warna putih sudah resmi berlaku di daerah Lampung, dan itu dilakukan secara bertahap,” ujar Ali, dikutip VIVA dari Korlantas Polri, Sabtu 24 September 2022.

Saat ini beberapa daerah sudah lebih awal menerapkan. Untuk itu, Polda Lampung tidak mau kelewatan, mereka menghimbau bagi pemilik kendaraan untuk mengubah pelat nomor kendaraanya. Hal itu untuk mendukung program mereka, salah satunya sistem ETLE.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.