Jumat, 9 September 2022 – 09:09 WIB

VIVA Tekno – Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) telah mengambil gambar baru yang dramatis dari galaksi spiral yang terlihat seperti cangkang kerang langit, dibuat dari filamen gas biru dan merah muda.

Galaksi yang disebut M74 itu menyerupai cangkang nautilus, yang dimensi spiralnya mirin dengan deret Fibonacci. Ini juga dikenal sebagai Galaksi Phantom atau Galaksi Hantu yang terletak sekitar 32 juta tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Pisces.

M74 memiliki spiral desain besar karena lengan spiralnya yang menonjol dan terdefinisi dengan baik. Itu juga terletak di garis pandang Bumi, yang membuat galaksi menjadi target populer bagi para astronom yang mempelajari asal-usul dan struktur spiral galaksi.

“Penglihatan tajam JWST telah mengungkapkan filamen halus gas dan debu di lengan spiral megah yang keluar dari pusat gambar ini. Kekurangan gas di wilayah nuklir juga memberikan pandangan yang tidak jelas tentang gugus bintang nuklir di pusat galaksi,” kata perwakilan Badan Antariksa Eropa (ESA).

Galaksi Phantom yang tertangkap teleskop luar angkasa

Galaksi Phantom yang tertangkap teleskop luar angkasa

Menurut laman Live Science, Jumat, 9 September 2022, gambar berasal dari Instrumen Inframerah Tengah JWST yang peka terhadap cahaya di wilayah inframerah bagian tengah dari spektrum elektromagnetik.

Gambar baru ini merupakan bagian dari survei Physics at High Angular resolution in Nearby Galaxies (PHANGS), merupakan survei jangka panjang terhadap bintang, gugus bintang, dan debu dalam 19 galaksi.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.