Jumat, 9 September 2022 – 06:59 WIB

VIVA Tekno – Telepon satelit merupakan suatu layanan telekomunikasi berupa telepon tanpa kabel yang menempatkan base transceiver station (BTS) di udara, sehingga memiliki jangkauan lebih luas dibanding telepon berbasis the global system for mobile communications (GSM) yang menempatkan BTS di darat.

Karena memiliki jangkauan yang luas, seperti dikutip dari Ehow, telepon satelit dapat digunakan di daerah pegunungan, pedalaman yang sulit diakses, kepentingan militer dan intelijen, hingga tengah lautan.

Berbeda dengan telepon GSM yang jangkauannya terbatas. Telepon satelit tidak menggunakan infrastruktur yang ada di Bumi untuk berkomunikasi.

Seperti diketahui, Amerika Serikat (AS) dan China sedang menjalankan perang teknologi – pertempuran tidak kasat mata, namun dampaknya cukup terasa.

Contohnya, Huawei yang masih diembargo AS sejak pemerintahan Presiden Donald Trump hingga sekarang Joe Biden. Kini, perang teknologi AS dengan China semakin panas melalui ponsel pintar atau smartphone anyar mereka yang memanfaatkan satelit.

Ponsel tersebut yakni seri iPhone 14 milik Apple dan seri Huawei Mate 50. VIVA Tekno mencoba membedah sedikit keunggulan dua ponsel asal AS dan China ini:

Huawei Mate 50



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.