TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Perdana Menteri Inggris Liz Truss berbelasungkawa atas wafatnya Ratu Elizabeth II. Meninggalnya Ratu Ratu Elizabeth II merupakan sebuah kehilangan bagi Liz Truss.

Liz Truss tidak memungkiri Ratu Elizabeth II adalah inspirasi bagi dirinya dan masyarakat Inggris. Menurutnya, Inggris dapat menjadi bangsa yang besar tak lepas dari kontribusi Ratu Elizabeth II.

“Inggris adalah negara besar seperti sekarang ini karena dia (Ratu Elizabeth II),” kata Liz Truss seperti dikutip dari CNN, Jumat (9/9/2022).

Baca juga: Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia pada Usia 96 Tahun

“Kita sekarang adalah bangsa yang modern, berkembang, dan dinamis. Dalam suka dan duka, Ratu Elizabeth II memberi kami stabilitas dan kekuatan yang kami butuhkan,” tambah Liz Truss.

Liz Truss mengatakan, merupakan pencapaian luar biasa bagi Ratu Elizabeth II untuk memimpin dengan martabat dan rahmat selama 70 tahun.

“Dia dicintai dan dikagumi oleh orang-orang di Inggris, dan di seluruh dunia. Dia telah menjadi inspirasi pribadi bagi saya, dan bagi banyak orang Inggris,” kata Liz Truss.

Baca juga: Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Masyarakat Inggris Menangis di Luar Istana Buckingham

Sebelumnya diberitakan, Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat.

Ratu Elizabeth II meninggal dalam usia 96 tahun.

Ratu Elizabeth II, merupakan ratu Inggris terlama yang memerintah yakni selama tujuh dekade.

Elizabeth naik takhta pada tahun 1952, setelah kematian ayahnya, Raja George VI.

Baca juga: Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia pada Usia 96 Tahun

Dia meninggal di Kastil Balmoral setelah tim dokter kerajaan mengatakan mengkhawatirkan akan kesehatan sang ratu.

Elizabeth memerintah Inggris Raya dan 14 wilayah Persemakmuran lainnya, dan menjadi salah satu wanita paling terkenal yang pernah hidup.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.