Sabtu, 24 September 2022 – 10:32 WIB

VIVA Edukasi – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), menyelenggarakan A.B. Lapian Memorial Lecture, bertajuk “Nakhoda Kajian Maritim Indonesia”, pada Jumat (23/9).  Kegiatan ini untuk memperingati jasa Prof. Dr. A.B. Lapian, sekaligus merayakan Hari Maritim Nasional yang jatuh pada tanggal 23 September 2022.

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Laksana Tri Handoko, mengatakan, sebutan ini bukanlah gelar tanpa isi. Dia membangun fondasi kajian-kajian maritim. Hasilnya tidak hanya berbagai karya ilmiah yang diproduksi oleh dirinya dan murid-muridnya, tetapi juga berkontribusi pada kebijakan, advokasi, dan aksi-aksi di bidang kemaritiman di Indonesia.   

“Dengan kontribusi dan reputasi beliau pada pengembangan pengetahuan dan pemberdayaan komunitas maritim, sudah sewajarnya kita sebagai penerusnya memberikan apresiasi dan komitmen untuk terus mengembangkan apa yang telah beliau semai selama karier akademisnya,” kata Handoko dalam keterangannya yang diterima VIVA, Jakarta, Sabtu (24/9).

Adrian B. Lapian Mendapat Penghargaan Achmad Bakrie 2011

Adrian B. Lapian Mendapat Penghargaan Achmad Bakrie 2011

Salah satu wujud dari apresiasi dan komitmen untuk melanjutkan kerja-kerja Prof A.B. Lapian, BRIN melalui Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Sosial dan Humaniora (OR IPSH) menyelenggarakan A.B. Lapian Memorial Lecture, yang bertajuk “Nakhoda Kajian Maritim Indonesia”. 

Kepala OR IPSH BRIN, Ahmad Najib Burhani, mengatakan, Pak Lapian adalah angkatan pertama pada Jurusan Ilmu Sejarah di Fakultas Sastra (sekarang Fakultas Ilmu Budaya), Universitas Indonesia. Perhatiannya terhadap sejarah maritim Indonesia tampak pada karya-karya sepanjang kariernya, antara lain skripsinya mengenai jalan perdagangan maritim ke Maluku pada awal abad ke-16, kemudian dilanjutkan pada disertasinya, “Orang Laut – Bajak Laut – Raja Laut: Sejarah Kawasan Laut Sulawesi Abad XIX,” serta naskah Orasi Guru Besarnya yang berjudul “Sejarah Nusantara Sejarah Bahari”. 

Biodivesitas laut Indonesia

Biodivesitas laut Indonesia

Photo :

  • http://j-samudra.blogspot.com/2015/07/eksotisme-maratua-bersama-terios.html



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.