TRIBUNNEWS.COM – Siloam Hospitals TB Simatupang (SHTB) bekerja sama dengan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Selatan melaksanakan Gladi Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan pada Bangunan Menengah/Rendah dan Kawasan Pemukiman pada hari Rabu, 14 September 2022 di lokasi RS Siloam Hospitals TB Simatupang.

Gladi ini melibatkan sekitar 30 personel dari tim Damkar dengan pendukung 4 (empat) unit mobil pemadam kebakaran dan dari SHTB sekitar 50 staf medis dan non-medis.

Adapun Penilaian Hasil Latihan Evaluasi dari simulasi yang dilakukan, Plt. Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Selatan, Sugeng Wiyono, S. Sos., M.Si, beliau menyampaikan,”Partisipasi penghuni, kesigapan tim evakuasi, kesigapan pemadam lokal, kesigapan tim rescue, kesigapan floor warden, mutu alarm, mutu pengumuman, pengeras suara, keadaan tangga darurat, cara komunikas, kesigapan tim P3K dan tempat pengungsi/titik kumpul dinilai baik”.

Selain itu beliau juga menambahkan nomor telepon yang dapat dihubungi yaitu (021) 7515054 apabila terjadi kebakaran dan tim akan langsung merespon panggilan di nomor tersebut.

Direktur RS SHTB, dr. Dewi Anggraini, MARS juga menambahkan, “Simulasi ini merupakan salah satu faktor penting bagi rumah sakit dalam hal peningkatan pelayanan yang bermutu, karena mutu pelayanan yang holistik bukan hanya kualitas medis dan layanan tetapi juga keselamatan pasien”.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya Siloam Hospitals Group (SHG) dalam pencegahan kebakaran dengan mememastikan tim tanggap darurat RS terlatih, prosedur tersosialisasi dan melibatkan pihak eksternal (Damkar) melalui kegiatan Simulasi dimana pelaksanaan Simulasi Code Red wajib melibatkan DAMKAR 1 tahun sekali.(*)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.