Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Staf Khusus Presiden RI Diaz Hendropriyono mengatakan, bahwa inovasi merupakan keharusan untuk mencapai ketahanan dan kedaulatan pangan di tanah air.

Hal itu disampaikan Diaz Hendropriyono saat diskusi dan silaturahim Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria di Kampus IPB Dramaga, Bogor.

Diaz pun memuji hasil riset dari Kampus IPB dalam meningkatkan dan mengembangkan ketahanan pangan.

Terlebih, hal tersebut sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mendorong terciptanya pemanfaatan ketahanan pangan.

Baca juga: Pakar IPB Ungkap Mengapa Pelabelan Galon BPA Bukan Langkah Sembarangan

“Luar biasa! Semua hasil riset yang ditunjukkan merupakan sebagian kecil dari puncak kontribusi IPB University dalam kaitan dengan peningkatan efisiensi, efektifitas, maupun berbagai terobosan terkait alternatif pangan,” kata Diaz Hendropriyono, Jumat (9/9/2022).

“Ini telah sejalan dengan arahan Bapak Presiden Joko Widodo dan kita semua wajib untuk terus mendorong kebermanfaatannya secara luas di masyarakat. Riset dan Industri harus saling menguatkan,” sambungnya.

Pada kesempatan tersebut, Diaz juga menyampaikan pentingnya inovasi terkait alternatif protein untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Sebagai pengganti protein hewan ternak sapi dan kambing, yang memerlukan lahan yang luas, air bersih dan daya dukung alam yang besar.

“Inovasi harus mampu menjawab tantangan misalnya, terkait luasan lahan yang semakin terbatas, air yang layak konsumsi yang hanya 3 persen dan semakin menyusut karena pencemaran, daya dukung bumi yang terus menurun,” ujar Diaz.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.