TRIBUNNEWS.COM – Berikut ini serangkaian peristiwa perang Rusia- Ukraina yang memasuki hari ke-198 pada Jumat (9/9/2022), dikutip dari The Guardian.

Momen kritis perang Rusia Ukraina

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken mengatakan kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bahwa perang dengan Rusia berada dalam “momen kritis”.

Pernyataan tersebut dikeluarkan Blinken ketika Ukraina melanjutkan serangan balasannya di selatan negara itu.

“Kami tahu ini adalah momen penting, lebih dari enam bulan dalam perang agresi Rusia terhadap Ukraina, karena serangan balasan Anda sekarang sedang berlangsung dan terbukti efektif,” kata Blinken, seperti dilaporkan
Associated Press.

Perjalanan Blinken ke Kyiv

Perjalanan mengejutkan Blinken ke Kyiv terjadi setelah AS meluncurkan hampir $2,7 miliar (£2,4 miliar) dalam dukungan militer baru ke Ukraina dan negara-negara Eropa lainnya yang terancam oleh Rusia.

Blinken melakukan perjalanan secara rahasia dalam perjalanan keduanya ke Kyiv sejak invasi Rusia dimulai pada bulan Februari.

Baca juga: Panglima Militer Ukraina Klaim Bertanggung Jawab atas Serangan di Semenanjung Krimea

Dia menyetujui $2 miliar dalam pembiayaan militer asing di bawah program di mana AS menawarkan pinjaman atau hibah kepada negara lain untuk membeli senjata yang diproduksi AS.

Jumlah itu merupakan tambahan dari bantuan militer senilai $675 juta yang diumumkan oleh Menteri Pertahanan, Lloyd Austin.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.